Senin, 26 Juli 2010

mengenal virus komputer

Jika dicermati, Perkembangan virus dari waktu ke waktu terus menarik, ini terkait dengan perkembangan teknologi komputer/ teknologi informasi yang tumbuh dengan pesat.sejarah perkembangan virus sendiri cukup menarik untuk diikuti.

Sayangnya tidak ada kepastian kapan pertama kali virus komputer ditemukan.Ada sumber yang mengatakan bahwa sejarah virus berawal Pada tahun 1949 ketika John Von Neuman, mengungkapkan “teori self altering automata” yang merupakan hasil riset dari para ahli matematika.Kemudian pada tahun 1960 para ahli di lab BELL (AT&T) mencoba-coba teori yang diungkapkan oleh John V Neuman, mereka bermain-main dengan teori tersebut untuk suatu jenis permainan/game. Para ahli tersebut membuat program yang dapat memperbanyak dirinya dan dapat menghancurkan program buatan lawan. Program yang mampu bertahan dan menghancurkan semua program lain, maka akan dianggap sebagai pemenangnya. Permainan ini akhirnya menjadi permainan favorit ditiap-tiap lab komputer. semakin lama mereka pun sadar dan mulai mewaspadai permainan ini dikarenakan program yang diciptakan makin lama makin berbahaya, sehingga mereka melakukan pengawasan dan pengamanan yang ketat.

Sementara Virus Scan Software menemukan virus pertama kali pada awal th 1970-an dimana dua program komputer yang diberi nama Pervading Animal dan Christmas Tree menginfeksi sistem berbasis Univac 1108 dan IBM 360/370. Karena sifatnya tidak merusak, kedua program ini belum dikenal sebagai virus.

Namun sumber-sumber lain seperti wikipedia menyebutkan sebuah program komputer bernama “Elk Cloner” diyakini sebagai virus komputer pertama yang dibuat Rich Screnta pada tahun 1982 dan menyebar pada sistem operasi Apple Disk Operating System (DOS) Versi 3.3 melalui media floppy disk

Pada tahun 1987 muncullah jenis virus baru yang mulai menerapkan algoritma replikasi di kode programnya. Sebut saja the Leigh,virus yang menginfeksi file command.com ini berhasil menular ke banyak sistem yang mengoperasikan DOS. Ternyata banyak yang terinspirasi dengan The Leigh ini, karena setahun berikutnya muncul virus Jerussalem yang menginfeksi hanya pada tgl 13 tiap bulannya.Jerussalem dikenal sebagai virus pertama yang dikategorikan penyebab kerusakan.virus ini menghapus program yang sedang berjalan pada tgl penularan.

Karena perkembangan virus ini dinilai sudah mengganggu pengguna komputer, mulailah dicari cara pencegahan program jahat ini beberapa pengembang independen mulai membuat program untuk menghilangkan atau menghentikan aktivitas virus, yang kemudian dikenal dengan antivirus. Perusahaan besar pertama yang membuat antivirus adalah Symantec dengan produk norton antivirus di th 1990.

Uniknya, begitu antivirus ditemukan, perkembangan virus justru semakin menjadi-jadi. Di tahun 1992 tercatat sebanyak 1300 virus beraktivitas menginfeksi komputer di seluruh dunia, atau meningkat 420 % dari tahun 1990. jika di awal perkembangan virus file program menjadi sasaran utamanya , th 1995 virus hadir dengan metode penularan yang berbeda. File dokumen produksi Microsoft (Microsoft Word) menjadi sasaran baru virus yang memanfaatkan kelemahan feature makro yang ada di program Microsoft, sehingga virus dikenal dengan virus makro.

Perkembangan berikutnya virus komputer mulai melirik media internet sebagai basis penyebaran program mereka. Ide penyebaran virus ini berawal dari keberhasilan Virus Melissa (W97M/Melissa) yang memanfaatkan kelemahan file mikro yang disisipkan ke e-mail, karena pada saat itu banyak pengguna e-Mail yang menggunakan aplikasi e-mail klien seperti Outlook, dan menyimpan kontak penerima disana sehingga dengan mudah melissa menyebar ke daftar kotak yang ada.

Perkembangan virus ini terus dikonsentrasikan pada penyebaran via Internet, karena selain cepat disebarkan, virus ini juga dapat mencuri data menggunakan media yang sama. Akan tetapi, berbeda dengan pendahulunya , virus yang ada saat ini justru tidak memiliki, atau mungkin sengaja tidak difokuskan untuk merusak sistem. Beberapa virus hanya sekedar unjuk gigi dalam melewati program antivirus.

Nama yang disandang oleh generasi baru virus pun ikut bergeser. Kini virus sudah memiliki saudara seperjuangan bernama worm dan trojan. Apa pun nama atau sebutan program” mungil ini , ide utamanya ditujukan untuk mengganggu sistem normal yang sedang berjalan.

Bagaimana dengan perkembangan virus di Indonesia ? Ya…..Kini Virus Lokal sudah menjadi trend yang cukup meresahkan pengguna komputer di indonesia…..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar